Education Entertainment

Manfaat AI untuk Mahasiswa

0
Please log in or register to do it.

Kecepatan perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun ke belakang ini telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Dimana kehidupan manusia semakin tergantung pada teknologi.

saat berbicara perkembangan teknologi digital, salah satu yang sedang berkembang dan tren belakangan ini adalah kemunculan teknologi artificial intellegent (AI). 

Meskipun banyak pro dan kontra. kemunculannya membuat pekerjaan kita lebih terbantu. 

Untuk pendidikan, kemunculan AI di tengah masyarakat dapat membantu para pelajar dan mahasiswa untuk mendorong kemampuan akademiknya agar lebih baik.

dengan AI, pelajar dan mahasiswa dapat mencari materi pelajaran yang tidak mereka mengerti atau tidak dapat di sekolah dengan lebih cepat dan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

masih ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan AI. Dilansir dari Times Higher Education, berikut manfaat AI bagi mahasiswa untuk mendukung kelancaran perkuliahan.

1. Alat bantu dalam penulisan

AI dapat membantu dalam meningkatkan penulisan esai dan memperbaiki kesalahan penulisan. dengan menggunakan pemeriksaan tata bahasa yang didukung AI, mahasiswa dapat melihat kesalahan yang ada pada tulisan mereka sendiri dan memastikan esai yang ditulis tidak ada kesalahan penulisan.

2. Membantu pemilihan universitas

Bagi calon mahasiswa baru dan mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 dan S3, AI dapat membantu dalam memilih universitas yang sesuai dengan minat.

3. Eksplorasi rencana

Eksplorasi karier dengan AI dapat membantu mahasiswa membuat keputusan berdasarkan informasi yang disediakan tentang karier, jurusan, atau program lainnya.

4. Persiapan wawancara

AI juga dapat membantu mahasiswa berlatih dan meningkatkan keterampilan wawancara mereka, meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja selama melakukan wawancara.

5. Pengembangan dan evaluasi portofolio

Platform dengan berbasis AI dapat membantu mahasiswa dalam membuat dan mengevaluasi portofolio digital yang menampilkan bakat, keterampilan, dan pencapaian yang dimiliki.

6. Panduan belajar atau persiapan ujian yang disesuaikan

Beberapa program AI dapat membuat rencanan studi yang dipersonalisasi berdasarkan kekuatan dan kelemahan mahasiswa.

HEIB (Harmony, Excellence, Integrity, and Beyond)
Bimbingan Online - Pembentukan karakter era baru

Reactions

1
0
0
0
1
0
Already reacted for this post.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIF