Education

Keunikan dalam Program yang Disediakan Universitas Telkom

0
Please log in or register to do it.

 

Universitas Telkom pertama berdiri pada tahun 14 Agustus 2014 dari gabungan empat perguruan tinggi yakni tinggi Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom. Pendirinya bernama Ir. Cacuk Sudarijanto. Meski baru berdiri selama 10 tahun, namun sudah meraih akreditasi Unggul daei BAN-PT dann pernah meraih gelar sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Mahasiswa – mahasiswa sering menyebutnya dengan sapaan akrab Tel-U.

 

Tidak dipungkiri dengan program studi yang disediakan dalam waktu sesingkat ini, terdapat 7 fakultas yang mengelola sebanyam 34 jurusan. Beberapa jurusan bahkan diperuntungkan untuk mahasiswa – mahasiswa postgraduate seperti S2 Manajemen, S2 PJJ, S2 Teknik Elektro, S2 Administrasi Bisnis, S2 Ilmu Komunikasi, S2 Sistem Informasi, S2 Teknik Industri, S2 Desain, S2 Informatika, dan S2 Keamanan Siber dan Forensik Digital. Sangat mengesankan! Banyak pilihan studi lanjut bagi mahasiswa – mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi S1-nya. Universitas Telkom menanamkan pemikiran bahwa studi dapat ditempuh oleh siapapun dengan tidak melihat latat belakang para mahasiswanya dan studi tidak pernah dikatakan “selesai” sebagaimana belajar, berilmu, dan pantang menyerah adalah pondasi yang memperkokoh masa kini dan masa depan Indonesia oleh para pemuda – pemudi Indonesia pula. 

 

Untuk menunjang pendidikan yang mendukung kreativitas dan keuletan pula, dipersiapkan tujuh pusat penelitian yakni Pusat Penelitian Human Centric Engineering (HUMIC), Pusat Penelitian Advanced Creative Networks (AdCNet), Pusat Penelitian ICT Business and Public Policy, Pusat Penelitian Digital Business Ecosystem (DBE), Pusat Penelitian Advanced Intelligent Communications (AICOMS), Pusat Penelitian Internet of Things (IoT), Pusat Penelitian Beyond Engineering Education. Tujuan utama yang hendak dicapai yakni untuk menciptakan pengetahuan yang terbarukan dengan meningkatnya pemahaman mengenai topik – topik tertentu, mengembangkan inovasi, dan menemukan solusi untuk permasalahan – permasalahan pada dinamika sosial.

 

Tidak hanya itu, Universitas Telkom memilki program yang namanya Kelompok Keahlian. Di sini, para dosen yang lebih dominan dalam berperan dengan tujuan untuk melaksanakan fungsi keilmuan. Masing – masing fakultas kurang lebih memiliki 4 sampai 6 Kelompok Keahlian. Tujuan dari adanya program Kelompok Keahlian adalah sebagai penunjang program studi yang ada tentunya, pengiplemntasian dari Program Penelitian, dan memenuhi tugas sebagai pengemban pengabdian kepada masyarakat dengan menyediakan kegiatann layanan publim yang layak. Setiap dosen bergabung pada satu Kelompok Keahlian.

 

Program – program di atas telah membuat Universitas Telkom dikenal banyak orang dan masuk ke dalam 10 besar Best Green Campus di Indonesia menurut GreenMatrics. Fakta ini dibuktikan dengan komentar dari Dewa Rai, sebagai salah satu alumni Ilmu Komputasi, yang memberikan pernyataan bahwa Universitas Telkom menyediakan ruang terbuka hijau yang cukup asri dan banyak pepohonan. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian kepada masyarakat bahwa kampus adalah salah satu infrastrukur yang wajib memiliki lahan terbuka hijau sebagai salah satu impelemntasi pemberdayaan lingkungan secara positif dan hal ini berhasil diwujudkan oleh para akademisi di Universitas Telkom. Bahkan, ada kegiatan – kegiatan pendampimg yang menunjang pemberdayaan lingkungannya yakni dari pemilahan sampah hingga penggunaan techno lake. Memang, banyak yang bisa dilakukan di sini selain belajar yang bahkan tidak terpikirkan oleh mahasiswa – mahasiswa baik yang menempuh pendidikan di Universitas Telkom dan di universitas lain yakni ada hewan peliharaan kelinci – kelinci yang bisa diberi makan, penangkaran burung, burung merpati di belakang Gedung Rektorat, soang di Danau Galau dan merak. Sejauh ini, balasan belakang yang diterima adalah positif. Dipercaya bahwa dengan adanya lingkungan hijau terbuka yang unik adalah sebagai pelepas penat para mahasiswa yang sedang kelelahan dan tentunya keindahannya harua dijaga bersama.

 

Untuk meningkatkan tingkat kekerenannya, Universitas Telkom berhasil meraih predikat Kampus Swasta Terbaik se-Indonesia dan tercatat pada Times Higher Education World University. Peringkat tersebut berdasarkan berkat pendidikan pada jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Engineering. Saat ini, Universitas Telkom berada pada peringkat 1501+ dan 401-600+ pada Impact Rankings 2023.

 

Referensi :

Admin, “Pusat Riset Telkom University” diakses pada https://telkomuniversity.ac.id/en/research-center/

Admin, “Research Center”, diakses pada https://telkomuniversity.ac.id/kelompok-keahlian/

Admin, “Universitas Telkom”, diakses pada https://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Telkom

Santi LasminingSari, “5 Keunggulan Kuliah di Telkom University”, diakses pada www.kompasiana.com/amp/santils1507/627de29818ffee52e35c7a52/5-keunggulan-kuliah-di-telkom-university

Admin, “World University Rankings”, diakses pada https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/telkom-university

 

 

 

 

 

Kemewahan Terpenuhi: Nikmati Kenyamanan Tak Tertandingi dengan Sofa Bersantai di Kamar Deluxe Hotel Lingga Telkom University
Kisah Menemukan Keberhasilan

Reactions

0
0
0
0
0
1
Already reacted for this post.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIF