Event TelUtizen

Tim IT Telkom University turut serta dalam upacara hari kelahiran Pancasila 2023

0
Please log in or register to do it.

Kehidupan kampus, Tim IT Telkom University turut serta dalam upacara hari kelahiran Pancasila 2023

 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Sederet nilai tersebut adalah nilai dasar untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Sementara, nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi mempunyai sifat objektif dan subjektif. Maksudnya, hakikat nilai-nilai Pancasila bersifat universal atau berlaku di mana pun sehingga memungkinkan untuk diterapkan oleh negara lain.

Dengan kata lain, menurut buku Pendidikan dan Pancasila Kewarganegaraan: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Perspektif Santri karya Edi Rohani, jika suatu negara menggunakan prinsip falsafah negara berketuhanan, berkemanusiaan, berpersatuan, berkerakyatan, dan berkeadilan, maka negara tersebut pada dasarnya menggunakan dasar filsafat nilai-nilai Pancasila walaupun tidak menerapkan Pancasila sebagai dasar negara mereka.

Nilai Pancasila yang bersifat objektif dan subjektif memiliki beberapa pengertian. Simak penjelasannya berdasarkan pemaparan dalam buku Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara oleh Ronto.

Telkom University Pamerkan Produk Sistem Jaringan Monitoring dengan Mobile Base Station bernama PATRIOT-Net
Keseruan PuTI dalam upacara hari kelahiran pancasila 2023

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIF